Seputar Dunia Olahragaku: 15 Cara Melakukan Lompat Tinggi yang Sangat Baik

15 Cara Melakukan Lompat Tinggi yang Sangat Baik

15-cara-melakukan-lompatan-tingg-yang-sangat-baik
Source www.nugydragon.com
Cara Melakukan Lompat Tinggi-Disiplin lompat tinggi atletik membutuhkan keterampilan, kelincahan dan kecepatan. Setelah berlari untuk mendapatkan dorong, atlet melompati tongkat dan mendarat di karpet di sisi lain. Demi keselamatan Anda, penting untuk mengadopsi teknik yang benar selama lari, melompat, dan mendarat. Jika Anda akan sering berlatih dan tanpa mengambil risiko, Anda akan belajar cara membuat lompatan tinggi!

Cara Melakukan Lompat Tinggi

1. Berlatih teknik run-up Anda

Selama run-up, para atlet menghasilkan dorongan yang diperlukan untuk melompati bar. [1] Akibatnya, menyempurnakan fundamental ini adalah langkah pertama yang diperlukan untuk mempelajari disiplin ini. Latih diri Anda berlari menuju gelanggang senam dan bayangkan ada tongkat di depannya. Ketika Anda siap untuk melompat, Anda akan menemukan karpet yang sama di belakang bar.

2. Bersiaplah untuk berlari menuju karpet

Hampir semua atlet mengambil sekitar 10 langkah sebelum melompat, jadi pastikan untuk memposisikan diri Anda setidaknya 10 langkah dari matras untuk menyimulasikan lari. [2] Jika Anda seorang pemula, mundur lagi 5-6 langkah, untuk memiliki cukup ruang untuk menghasilkan dorongan yang diperlukan untuk melompat.
  • Jangan menempatkan diri Anda tepat di depan matras. Anda akan berlari dengan lintasan "J", membungkuk ke arah bar setelah sekitar 10 langkah run-up. Akibatnya, Anda harus menemukan diri Anda setidaknya 5 meter ke kiri atau kanan matras sebelum Anda mulai berlari. Jika kaki dominan Anda berada di kanan, posisikan di sebelah kanan matras. Jika kaki dominan Anda adalah kiri, belok kiri.
  • Umumnya, wanita mulai mengejar mereka 9-13 langkah ke kanan atau kiri matras, 10-15 meter dari tali, [3] sementara pria mulai 12-16 langkah ke kiri atau kanan matras, ke 15-20 meter. [4]

3. Mulai berlari

Gunakan kaki yang tidak dominan untuk mendorong diri Anda. Beberapa atlet mulai membungkuk ke tanah dan mencapai posisi tegak pada langkah ketiga. [5] Pilih run-up yang Anda inginkan, tetapi selama latihan, akan lebih mudah untuk memulai dengan posisi tegak.
  • Pastikan Anda lari ke "J". Pengejaran Anda akan menyerupai huruf itu, karena setelah bagian lurus pertama, Anda akan membungkuk ke arah bar di akhir perjalanan. Jalankan lurus ke sudut tikar selama sekitar 5 langkah untuk menghasilkan dorongan. [6] Setelah sekitar tiga langkah, Anda harus menemukan diri Anda sejajar dengan tongkat.
  • Jangan mempercepat dan jangan mengurangi kecepatan. Jaga kecepatan konstan, agar tidak kehilangan daya dorong. [7]

4. Lompat ke matras

Dorong tubuh ke udara dengan kaki yang tidak dominan. Kaki non-dominan akan secara otomatis meregang selama lompatan dan membawa lutut yang berlawanan. [8]
  • Jangan mendarat di karpet. Cobalah untuk jatuh. Pada tahap ini Anda hanya perlu menyempurnakan run-up. Tikar adalah ukuran keamanan jika Anda jatuh.

5. Latih lompatan Fosbury

Teknik ini pertama kali digunakan di Olimpiade Kota Meksiko pada tahun 1968 oleh Dick Fosbury, pemenang medali emas. [9] Tekniknya, yang dikenal sebagai "metode Fosbury" untuk menghormati penemunya, melibatkan melompat ke depan dan kembali ke tongkat. Hari ini adalah teknik yang paling banyak digunakan oleh atlet profesional.

6. Bersiaplah untuk melompati bar

Setelah menyelesaikan "J" run, ketika Anda berada di sebelah matras, putar kembali ke bar untuk membuat lompatan Fosbury. [10] Saat mengangkat lutut dan mendorong dengan kaki yang tidak dominan, putar tubuh ke arah langit. Selama upaya pertama gerakan ini akan terasa aneh, tetapi terus melatih Anda, sampai Anda dapat melakukannya secara alami.

7. Melebihi bar

Putar kepala dan bagian atas punggung ke arah karpet. Miringkan kepala Anda ke belakang dan jauhkan dagu dari dada saat Anda melangkahi poros untuk menghindari cedera. Dia melengkungkan punggungnya. Saat Anda menaikkan pinggul di atas bar, kepala Anda akan jatuh kembali. [11] Setelah melewati poros dengan pinggul Anda, Anda secara alami akan membawa kepala ke dada Anda, untuk lebih baik mengangkat kaki Anda.
  • Angkat kaki Anda di atas bar. Waktu sangat penting pada tahap ini, karena Anda akan memiliki sedikit ruang untuk melewati kaki di atas batang. Ketika pinggul telah melewati bar dan mulai turun, kaki-kaki diangkat ke atas agar tidak menekan rintangan. [12]
  • Cobalah untuk menjaga lengan Anda dekat dengan tubuh Anda, untuk memiliki pusat gravitasi yang lebih kompak.

8. Dia mendarat di karpet dengan cara yang benar

Sentuh terlebih dahulu dengan punggung bagian atas dan bahu Anda, untuk menghindari cedera. [13] Sisa tubuh akan mengikuti gerakan dan Anda dapat mengakhiri musim gugur dengan flip kembali. Dalam hal ini, rileks dan jangan menentang rotasi.
  • Jika Anda melakukan jungkir balik, dorong ke sisi kiri atau kanan belakang, untuk menyalakan pundak (dan bukan di kepala) dan jangan tusuk leher. [14]
  • Tutup mulutmu. Jika Anda tetap terbuka, Anda bisa menggigit lidah Anda.

9. Tahan insting untuk mengunci diri di dalam bola

Jagalah agar tubuh Anda tetap rileks agar tidak menabrak lutut Anda. Jangan rileks ketika Anda menyentuh karpet dengan punggung dan menjaga kaki Anda pada jarak yang nyaman satu sama lain, karena lutut Anda akan menekuk dan bergerak maju, bahkan jika Anda tidak berguling ke belakang. [15]
  • Jika saya memukul bar saat melompat, itu bisa melompat ke udara. Dalam hal ini bisa jatuh pada Anda atau berakhir di karpet, menyebabkan Anda mengambil risiko cedera. Tutupi wajah Anda dengan lengan saat mendarat, untuk menghindari tertabrak batang.

10. Meningkatkan teknik tinggi dan lompatan

Berlatihlah melompat dan mendarat, sampai Anda benar-benar nyaman melakukan hal-hal mendasar itu. Tidak ada yang bisa belajar untuk melompat dalam satu hari, jadi jangan mengatasinya jika tekniknya terlalu sulit untuk Anda: latih sebanyak mungkin dan berbicara dengan atlet lain atau pelatih untuk meminta nasihat. Mintalah seorang teman untuk mengamati gerakan Anda, untuk memberi Anda informasi tentang perincian yang perlu ditingkatkan.
  • Untuk mengatasi batas Anda, naikkan bar dengan kelipatan 3 cm. [16] Mereka mungkin terlihat seperti Anda, tetapi Anda akan merasakan perbedaan setelah setiap lompatan.
  • Beberapa orang mendapatkan lebih banyak kesuksesan dengan merekam kemajuan mereka pada buku harian. Untuk melakukan ini, tuliskan pada ketinggian apa Anda telah menempatkan tongkat yang Anda latih. Jika Anda terus meningkatkannya setiap minggu dan mencatat lompatan tertinggi Anda, Anda dapat memeriksa peningkatan Anda.

11. Melebihi bar dengan lompatan perut

Jika kepala melompat ke depan pada tahap ini tampaknya terlalu berisiko, Anda dapat memilih untuk mengadopsi teknik yang berbeda. Dimulai dengan run-up yang sama, Anda dapat melakukan gerakan yang kurang kompleks, yang dikenal sebagai lompatan ventral. Alih-alih melemparkan diri Anda kembali ke bar, Anda akan melewati duduk, dengan punggung tegak dan kaki Anda meregang di depan Anda. [17]
  • Pastikan batangnya cukup dekat dengan matras, terutama jika Anda seorang pemula. Penting untuk menguasai teknik sebelum mencoba untuk mengatasi bar yang sangat tinggi.
        

12. Lari ke bar dengan kecepatan konstan untuk menghasilkan dorongan

Jika Anda cukup berlatih dalam lari "J", Anda harus dapat berlari dengan aman ke bar, menggunakan teknik yang benar. Jangan memotong lari untuk menghemat waktu; penting untuk melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan waktu yang cukup untuk menyelesaikan lompatan. [18]

13. Dorong ke tanah

Ketika Anda memulai berlari, lompat dengan mendorong dengan kaki yang tidak dominan dan lemparkan lutut dominan di udara. Dalam hal ini, dorong dengan kaki yang tidak dominan, tetapi ayunkan kaki dominan ke udara, jaga agar kaki tetap melebar. Anda harus membungkuk di pinggang, seolah-olah Anda duduk di tanah dan kaki Anda tidak boleh melebihi pinggul.
  • Selama lompat tubuh harus sejajar dengan tongkat. Anda akan melompat dengan gerakan lateral, yang akan membawa Anda melewati bar.

14. Lengkapi lompatannya

Ayunkan kaki non-dominan ke yang panjang, menjaga keduanya lurus. Ini akan menciptakan gerakan yang mirip dengan gunting penutup. Jaga punggung Anda tetap lurus dan kaki Anda meregang di depan Anda. Inersia akan membawa Anda melewati batang dan ke atas matras.

15. Tingkatkan teknik Anda

Latih lompatan perut sampai Anda merasa nyaman. Ketika Anda menjadi lebih terampil, perlahan naikkan palang. Setelah mencapai batas maksimum, Anda harus pindah ke formulir lompatan yang lebih maju.

Tips

  • Cari tanda-tanda yang menunjukkan Anda siap untuk menaikkan lelang. Jika Anda harus bersaing atau jika Anda memiliki pelatih, Anda mungkin menguji diri Anda setiap hari untuk melompat lebih tinggi. Jika tidak, cobalah menaikkan standar paling tidak 1 sentimeter seminggu.
  • Pelajari kapan harus menurunkan lelang. Jika Anda memukul batang terlalu sering, turunkan dengan satu atau dua sentimeter dan tingkatkan teknik Anda. Jangan biarkan tinggi bar menyebabkan Anda stres, sadarilah keterbatasan Anda dan tidak malu menurunkan kesulitan latihan.
  • Jika Anda belum memiliki peralatan yang diperlukan untuk lompatan tinggi, Anda harus meminjamnya. Hubungi universitas dan lembaga pendidikan di daerah Anda untuk akses ke platform lompat tinggi. Anda juga dapat meminjam peralatan dari beberapa toko perlengkapan olahraga.
  • Sebelum mencoba lompat tinggi, hangatkan otot-otot Anda. Selalu mulai dengan beberapa kejar-kejaran dan lompatan percobaan.

peringatan

  • Tempatkan karpet kecil di sekitar yang lebih besar jika Anda merasa perlu perlindungan tambahan.
  • Jangan pernah mencoba melompat tinggi menggunakan kasur seperti karpet. Mungkin terdengar seperti ide yang bagus, tetapi jika Anda harus mendarat terlalu keras, Anda bisa melompat dari kasur dan jatuh ke tanah.
  • Artikel ini dimaksudkan untuk menginstruksikan seorang pemula. Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang lompatan tinggi, Anda harus menghubungi pelatih yang dapat membantu Anda meningkatkan.
  • Hindari pelatihan sendiri. Jika Anda terluka, tidak ada yang bisa membantu Anda.
  • Jangan pernah mencoba lompatan tinggi tanpa alas untuk meredam kejatuhan atau risiko cedera serius.

Hal-hal yang Anda butuhkan

  • Ukuran pita (untuk mengukur tinggi tongkat)
  • Peralatan lengkap untuk lompat tinggi (karpet, dukungan untuk batang, batang elastis)
  • Lari lintasan
  • Teman atau pelatih
Source Wikihow.it

Tidak ada komentar:

Posting Komentar