Seputar Dunia Olahragaku: 5 Cara Ampuh Sekali Menyembuhkan Kram

5 Cara Ampuh Sekali Menyembuhkan Kram

5-cara-ampuh-sekali-menyembuhkan-kram
Source Hellosehat.com
Cara Menyembuhkan Kram-Kram otot adalah kontraksi tiba-tiba dan tidak disengaja dari satu atau lebih otot. Ketika kontraksi berlangsung cepat, spasme terjadi, sementara kram terjadi jika otot berkontraksi secara terus-menerus. Kram meregangkan otot-otot sedemikian rupa sehingga sering mungkin untuk melihat dan melihat ikatan otot yang dikontrak. Perawatan bervariasi sesuai dengan durasinya dan di mana mereka terjadi.

Cara Menyembuhkan Kram

1.Lakukan peregangan

Saat Anda melakukan elongasi dengan benar, otot yang kaku akan rileks. Jika Anda mampu mengikuti program peregangan teratur, biarkan serat otot untuk bersantai, sehingga mereka berkontraksi dan mengeras lebih kuat ketika Anda berolahraga. Namun, ingatlah bahwa peregangan tidak boleh menyakitkan; jadi jika Anda mengalami tusukan tajam atau tajam, Anda harus mengurangi pemanjangan. [1]
  • Jika kram ada di betis, tetaplah berdiri dengan kaki dilebar dan kaki yang terkena saling berhadapan. Taruh beban tubuh di kaki depan dan tekuk lutut sedikit, menjaga tumit bertumpu di lantai. Tahan posisi selama 15-30 detik.
  • Latihan peregangan lain melawan kram betis adalah duduk di lantai dengan kedua kaki terentang ke depan. Rilekskan kaki Anda dan jagalah punggung Anda tetap lurus. Letakkan tangan Anda di lantai di luar setiap kaki dan geser perlahan ke depan ke arah kaki. Ketika Anda mencapai tepi betis, tetap di posisi ini selama 30 detik.
  • Regangkan paha Anda satu per satu. Tempatkan diri Anda tegak dan angkat satu kaki ke arah pantat, tekuk lutut. Pegang kaki yang diangkat oleh pergelangan kaki atau bagian belakang kaki. Cobalah mendekatkan kaki Anda sedekat mungkin ke bokong untuk memanjangkan otot paha; terus lakukan peregangan selama 30 detik. Untuk latihan ini Anda harus bersandar dengan tangan Anda yang bebas di dinding atau kursi agar tidak kehilangan keseimbangan Anda.


2.Menerapkan panas atau dingin

Tempatkan penghangat listrik atau kompres es pada otot yang dikontrak untuk menghilangkan rasa sakit dalam sesi 20 menit pada suatu waktu. Jika Anda menggunakan paket es komersial yang sudah jadi, jangan pernah meletakkannya langsung di kulit: pastikan untuk membungkusnya dulu dengan handuk atau handuk lain. Hati-hati saat menggunakan penghangat di tempat tidur; jika Anda tertidur tanpa mematikannya, Anda dapat menyebabkan kebakaran. [2]
  • Jika Anda ingin menghangatkan otot dengan air panas pancuran, biarkan mengalir langsung di daerah yang terkena. Jika jet air bertekanan tinggi, Anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat berkat pemijatan.
  • Perlu diingat bahwa es lebih cocok untuk cedera. Jika Anda memiliki rasa sakit yang hebat dan kulit yang panas, Anda harus menggunakan kompres dingin. Panas baik untuk otot yang menyakitkan karena rasa sakit atau stres kronis. [3]


3.Pijat otot yang dikontrak

Jika kram berada di area yang dapat Anda jangkau dengan tangan Anda, misalnya di kaki Anda, cobalah teknik pemijatan. Tegang dengan kuat otot kaki dengan kedua tangan dan gosokkan dengan kuat untuk bersantai. [4]
  • Anda bisa mendapatkan bantuan dari orang lain untuk memijat daerah-daerah yang tidak dapat Anda jangkau. Dia tidak perlu menjadi seorang profesional; itu hanya harus menggosok otot secara mendalam untuk membuatnya rusak.
  • Pijat seharusnya tidak menyakitkan. Jika otot-otot berkontraksi berat karena kram, beberapa jenis pijat dapat menyebabkan cedera. Anda tidak boleh melanjutkan, jika Anda merasa sakit.
  • Tukang pijat menstimulasi jaringan dalam untuk mengendurkannya dan melakukan perawatan terapeutik untuk kram. Anda harus menghubungi seorang profesional jika kram Anda tidak diselesaikan oleh intervensi Anda.
  • Anda juga dapat mencoba menggunakan rol busa . Taruh di bawah area yang menderita dan berikan tekanan ringan selama sekitar 5-10 menit.


4.Dapatkan beberapa obat penghilang rasa sakit

Di antara the-counter penghilang rasa sakit dapat mempertimbangkan ibuprofen (Brufen, Oki atau orang lain) atau naproxen sodium (Momendol, Syn), yang efektif untuk mengurangi jenis rasa sakit yang disebabkan oleh otot-otot yang ketat, meskipun mereka tidak dapat menyembuhkan kram itu sendiri. [5]
  • Hubungi dokter Anda jika Anda menderita kondisi tertentu yang mungkin terkena dampak negatif dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, atau jika Anda minum lebih dari tiga minuman beralkohol dalam sehari.
  • relaksan otot seperti cyclobenzaprine (Flexiban), yang orphenadrine (Disipal) dan baclofen (Lioresal) yang besar untuk mengendurkan otot-otot. Tanyakan kepada dokter Anda apakah ini merupakan solusi yang baik untuk situasi khusus Anda.


5.Cobalah beberapa pengobatan rumahan

Jika opsi yang dijelaskan sejauh ini belum mengarah pada hasil apa pun, Anda dapat mencoba dengan solusi rumah. Meskipun mereka tidak selalu efektif untuk semua orang, mereka mungkin masih bisa membantu.
  • Tuangkan 80 g garam Epsom ke dalam bak mandi yang diisi dengan air panas. Buat mereka meleleh, lalu rendam selama sekitar 20 menit. [6]
  • Campurkan 1 bagian minyak teh Kanada dengan 4 bagian minyak sayur dan pijat otot yang menderita sebelum tidur. [7]
  • Beberapa penelitian telah menemukan bahwa suplemen vitamin E dapat membantu mengelola kram yang terjadi dalam semalam. Dalam hal apapun Anda harus selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum melengkapi diet normal Anda dengan suplemen makanan. [8]
Source Wikihow.it

Tidak ada komentar:

Posting Komentar