Seputar Dunia Olahragaku: 4 Cara Terbaik Menyingkirkan Kram Paha

4 Cara Terbaik Menyingkirkan Kram Paha

4-cara-terbaik-menyingkirkan-kram-paha
Source www.pontianakpost.co.id
Bagaimana menyingkirkan kram paha-Kram otot, terutama pada paha, bisa menyiksa dan menciptakan situasi yang sangat tidak nyaman. Kontraksi otot yang tidak disengaja dan tidak menyenangkan tidak hanya menyakitkan, tetapi juga dapat mencegah Anda melakukan aktivitas normal sehari-hari seperti tidur. Umumnya ini bukan kondisi medis yang serius dan sebagian besar waktu dapat dikelola dengan pengobatan rumah sederhana seperti peregangan, pijat, diet dan olahraga.

Bagaimana menyingkirkan kram paha

1.Temukan otot paha yang menderita kram

Sebelum mengelola kram dengan peregangan, penting untuk mengenali otot mana yang terlibat, karena paha memiliki beberapa ikatan otot yang tunduk pada gangguan ini. Jika Anda tahu otot yang tepat, Anda dapat melakukan latihan peregangan yang ditargetkan dan lebih efektif.
  • Femoris bisep membentang di bagian belakang paha dan terlibat dalam gerakan pinggul dan lutut. Bagian atas bergerak di bagian inferior dari otot gluteus maximus, di belakang tulang iliaka dan jalannya serat berakhir di lutut.
  • Paha depan memanjang di sepanjang bagian depan paha dan merupakan ekstensor utama lutut. Ini adalah otot yang paling kuat dan paling ramping di dalam tubuh.


2.Regangkan otot bisep femoralis

Jika kram muncul di belakang paha, regangkan femoris bisep. Ada beberapa cara untuk memperpanjangnya dan meringankan kram.
  • Dapatkan handuk atau ikat pinggang, berbaring di lantai dan angkat kaki dengan kram. Bungkus sabuk atau kain di sekitar telapak kaki dekat dengan jari, ambil ujung kain atau ikat pinggang dan tarik dengan lembut ke arah Anda untuk memperpanjang kaki. Anda dapat memegang lembaran dengan satu tangan, sehingga Anda dapat memijat bisep dengan yang lain selama latihan atau menunggu sampai selesai.
  • Jika Anda tidak bisa berbaring, Anda dapat melakukan latihan yang sama sambil duduk, selalu menggunakan ikat pinggang atau handuk. Duduk dengan kaki Anda diperpanjang dan hanya membungkuk ke depan untuk mencapai efek yang sama.
  • Jangan terlalu memaksakan ketegangan pada otot yang berkontraksi, tetapi cobalah untuk menjadi sangat lembut. Terbatas untuk meningkatkan elongasi ketika kram lega.
  • Berjalan sedikit di antara satu peregangan dan yang lain, sehingga dapat bersantai femoris bisep.


3.Regangkan paha depan

Jika kram berada di bagian depan paha, Anda harus meregangkan otot ini. Ada latihan peregangan yang sangat efektif untuk situasi ini yang dapat membantu meringankan kram.
  • Berdiri dan tekuk kaki yang terkena dengan membawa kaki ke arah otot gluteus maximus. Jika Anda mampu, ambil kaki Anda dan tarik ke arah bokong untuk membuat peregangan yang lebih dalam.
  • Jaga lutut sejajar dengan paha, agar tidak melukai otot dan tendonnya.
  • Anda dapat menggunakan satu tangan untuk memijat femoris bisep saat Anda menarik kaki ke arah pantat atau menunggu sampai akhir peregangan.
  • Bahkan dalam kasus ini, jangan terlalu memaksakan ketegangan pada otot yang berkontraksi, tetapi cobalah untuk menjadi sangat lembut. Terbatas untuk meningkatkan elongasi ketika kram lega.
  • Berjalan sedikit antara latihan untuk membantu merilekskan paha depan.

4.Lakukan beberapa latihan yang rumit

Senam ringan dapat membantu meregangkan otot paha yang berkontraksi. Pergerakan secara umum, tentu saja, memperpanjang otot dan membantu untuk rileks, tetapi Anda juga dapat mempertimbangkan jenis latihan lain, seperti yoga.
  • Pastikan Anda melakukan aktivitas fisik hanya jika Anda mampu dan jangan memaksakan diri terlalu jauh di luar kemampuan Anda. Anda dapat terlibat lebih banyak hanya setelah peregangan yang lembut.
  • Berjalan ringan adalah latihan terbaik untuk membantu meregangkan otot paha. Tetaplah melangkah lebar untuk memastikan Anda menggunakan seluruh otot.
  • Yoga manis juga membantu memperpanjang otot. Yoga korektif dan Yin secara khusus diindikasikan untuk mencoba meregangkan dan memperbaiki otot.
Source Wikihow.it

Tidak ada komentar:

Posting Komentar